cara membasmi tikus

tips dan cara membasmi tikus di sawah yang alami  tentu di butuhkan, disamping mempertahankan kualitas unsur hara, dengan sebisa mungkin menghindari zat kimia, juga berarti kita ikut menjaga ekosistem lingkungan kita. pertanian adalah salah satu sektor pentig ketahanan pangan kita dan hama tilus adalah salah satu hama yang menganggu lancarnya produktifitas sawah para petani.
berikut ini adalah tips dan cara membasmi tikus disawah yang alami :

  1. menjaga keseimbangan ekosistem dengan membiarkan hidup ular sawah agar nenjadi predator penekan perkembangan hama tikus di sawah.
  2. penangkaran burung hantu / di lakukan di demak jawa tengah di desa tlegoweru , disana ada paguyupan yang memiliki kandang penangkaran seluas 6 x 12 meter di dalamnya terjadi proses penetasan sampai pembelajaran berburu tikus bagi burung hatu jenis tyto alba ini, biaya pembesaran samapai 300 haru sebesar Rp. 1.250.000 ini dapat di hemat samapi 90% dengan menerapkan gotong royong bagi siapa saja yang mendapatkan tikus di rumahnya agar menyerahkan kepada pengelola penangkaran untuk dijadikan santapan burung hantu tersebut, saat ini sdh ada p75 pagupon (kdang dari kayu) yang di sebar di peresawahan sebagai rumah dari burung hantu ini yang akan memburu tikus setiap malam, setiap malam se ekor burung hantu akan memakan 3 ekor tikus, dan yuntuk menjaga kelanjutan burung  hatu ini  dibuatlah peraturan desa , bagi siapa saja yang kedapatan mengganggu burung tersebut akan di kenakan sanki, dengan metedo ini yang tadinya hasil panen perhektar 3 ton menjadi 6 ton padi dan jagung yang tadinya 6 ton perhektar menjadi 9 ton dan ini diakui sangat membantu peningkatan kesejahteraan warganya.
  3. lain lagi yang diterapkan petani di sulawesi, dengan modal 30 juta dia membentengi sawahnya dengan pagar yang licin agar tikus tidak dapat lewat tapi sebaliknya dia juga membuat /lorong bagi tikus untuk lewat yang di ujungnya dipasangi perangkat, dengan sistem ini  setiap malam puluhan tikus terjebak, dan itu juga berpengaruh positif bagi hasil pertaniannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Digital clock