manfaat hp

Manfaat HandPhone Bagi Kehidupan Manusia

1.1 Pengertian HandPhone

handPhone (hp) merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel dan dapat dibawa kemana-mana. HandPhone sangat bermanfaat atau sangat mempermudah manusia untuk berkomunikasi karna dengan menggunakan HandPhone kita dapat berinteraksi secara langsung dengan lawan bicara kita tanpa perlu bertatap muka langsung dengan lawan bicara kita, dimana pun dan sejauh apa-pun lawan bicara kita, kita dapat bertukar informasi secara mudah.
Dahulu manusia menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh, namun dengan semakin majunya peralatan dan daya kreatifitas manusia lambat laun tradisi surat menyurat tergantikan dengan kehadiran pager, pager merupakan alat komunikasi yang dibuat untuk menyampaikan pesan singkat, akan tetapi ketidak efektivan pager dalam membantu berkomunikasi maka dibuat-lah HandPhone untuk berkomunikasi. Pada mulanya HandPhone hanya memiliki aplikasi untuk menelfon dan mengirim pesan singkat saja, akan tetapi semakin majunya zaman dan semakin meningkatnya kebutuhan berkomunikasi manusia maka bermunculan-lah HandPhone yang menyediakan aplikasi-aplikasi atau fasilitas-fasilitas yang memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Didalam HandPhone tersebut tersedia aplikasi seperti kamera, MP3, Permainan (game), internet dan lain-lainnya.
Dampak Positif dan Negatif dari HandPhone

1.2 Dampak Positif

1. mempermudah kita berkomunikasi.
Kita dapat berkomunikasi dengan lawan bicara kita tanpa perlu bertatap muka langsung dengan lawan bicara kita, dimana pun dan sejauh apa-pun lawan bicara kita, kita dapat bertukar informasi secara mudah.
2. memperluas jaringan persahabatan, jaringan pertemanan, dan rekan kerja.
Dengan menggunakan aplikasi pertemanan yang disediakan di HandPhone, kita dapat menemukan orang-orang baru dari penjuru daerah nama-pun yang belum tentu kita ketahui letak daerah tersebut.
3. menambah pengetahuan kita tentang perkembangan teknologi terbaru.
4. mempermudah kita untuk menyelesaikan suatu perkerjaan.
5. mempermudah kita untuk mencari informasi di dunia maya (internet).

1.3 Dampak Negatif

1. mengganggu konsentrasi pada anak
Dengan canggihnya aplikasi yang ada didalam HandPhone akan mengganggu konsentrasi anak dalam menangkap pelajaran yang di berikan oleh guru. Contoh : Pada saat guru sedang menerangkan materi sang anak asik bermain,mendengarkan music, facebook-kan, twitteran, dan lain-lain.

2. efek Radiasi
Penggunaan HandPhone akan berdampak juga pada kesehatan sang pemakainya yaitu efek Radiasi yang dikeluarkan oleh HandPhone. Efek radiasi ini akan mengganggu kerja otak.
3. rawan terhadap tindakan kejahatan
Zaman sekarang tindak kejahatan semakin marak terjadi baik dijalan raya, sekolah, rumah,tempat kerja, dan lain-lain. Oleh sebab itu sebaiknya pengg unaan HandPhone pada anak sebaiknya dihindari untuk memperkecil tindak kejahatan yang marak terjadi disekeliling kita.

4. mempengaruhi pola prilaku atau sikap tumbuh kembang remaja
Sebaiknya para orang tua melalukan pengkontrolan pada tumbuh kembang sang anak. HandPhone dapat mempengaruhi pola prilaku anak karna mel- alui HandPhone anak dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang dapat merusak moral pada anak. Oleh sebab itu, sebaiknya para orang tua harus mendampingi anaknya dalam penggunaan HandPhone dan memberikan bimbingan pada anak.

5. pemborasan
Menggunakan HandPhone sama artinya kita melalukan pemborosan karna kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli pulsa dengan siklus yang ter- us menerus. Disaat saldo Handphone kita habis, mau tidak mau kita harus membeli untuk mempelancar berkomunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya